Monday 15 February 2016

Kelahiranku Pada Bulan Rajab

#SyukurAlhamdulillah Yaa Allah hamba ditakdirkan lahir dibulan
#Rajab [ ﺭَﺟَﺐَ ] tepatnya
#25Rajab1410H O:)

Ini sesuai dengan Keistimewaan Bulan Rajab

Kata Rajab secara etimologi berarti bulan yang agung. Kata Rajaba sama artinya dengan kata ‘adlama yang berarti agung atau mulia. Salah satu keistimewaan bulan Rajab adalah bulan Rajab merupakan bulan yang memiliki banyak nama, antara lain Syahrulloh (bulan milik Allah), Rajab Mudlor (nama yang disebutkan Rasulullah karena Mudlor merupakan kabilah Arab yang sangat mengagungkan dan memuliakan bulan Rajab sejak sebelum kedatangan Islam),
Ashom (tuli) karena tidak pernah terdengar kabar atau kisah Allah murka atau mengadzab manusia pada bulan Rajab, Ashob (tumpah) karena Allah menumpahkan kebaikan kepada manusia karena Rajab merupakan bulan penuh rahmat dan pahala, dan masih bayak nama lain atas kemuliaannya. (Dzikrooyaat wa Munasabaat : 147 ).
Disamping itu, keistimewaan bulan rajab adalah sebagai pembukan bulan-bulan penuh kebaikan dan keberkahan, karena bulan setelah rajab adalah bulan Sya’ban, Romadlon, Syawwal yang merupakan bulan-bulan yang utama (mulia). Maka bulan Rajab ini seharusnya kita jadikan sebagai waktu latihan untuk memulai dalam rangka menghadapi bulan mulia setelahnya dengan memperbanyak amal shaleh dan menjauhi segala larangan Allah mulai sekarang.
Allah telah melarang umat manusia melakukan peperangan pada bulan-bulan yang dimuliakan Allah SWT (termasuk bulan Rajab) sebagaimana yang dijelaskan-Nya melalui firman-Nya “Mereka akan bertanya kepadamu tentang berperang di bulan Haram (dimuliakan), Katakanlah bahwa berperang di bulan Haram adalah dosa besar ”. (QS. Al-Baqarah : 217). Dalam Tafsir Ruhul Ma’ani juz 6 : 133 diceritakan bahwa orang-orang Arab jaman dahulu tidak akan melakukan peperangan dalam bulan Rajab dan tiga bulan mulia lainnya. Bahkan andai mereka menemukan orang yang membunuh ayahnya atau saudaranya maka mereka tidak akan melakukan pembalasan pada bulan-bulan mulia itu kecuali jika mereka diserang terlebih dahulu. Hal ini menunjukkan betapa orang-orang Arab (yang tidak semuanya muslim) begitu menghormati dan memuliakan bulan Rajab, lalu bagaimana dengan kita yang sudah mengetahui keistimewaan bulan Rajab.

Peristiwa Bersejarah dalam Bulan Rajab
Dalam bulan Rajab terjadi peristiwa bersejarah, yaitu: (1) Meninggalnya Abu Thalib (paman Rasulullah) dan Siti Khadijah r.a. (Istri pertama Rasulullah). Kedua tokoh penting yang memiliki peranan besar dalam membantu perjuangan Rasulullah SAW tersebut meninggal dalam jangka waktu yang tidak terpaut lama sehingga masa ini disebut dengan ‘Aamul Huzni (Tahun Duka Cita). (2) Isra’ Mi’raj. Terjadi pada tanggal 27 Rajab sebagai salah satu mu’jizat Rasulullah SAW untuk menerima perintah shalat lima waktu secara langsug tanpa melalui malaikat Jibril sebagai perantara wahyu sebagaimana wahyu-wahyu lain. Isra’ artinya perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram (Makkah) menuju Masjidil Aqsha (Palestina) pada malam hari. Sedangkan Mi’raj adalah naiknya beliau dari Masjidil Aqsha menujulangit tertinggi dan dari Sidratul Muntaha menghadap Allah SWT.
(3)Perang Tabuk, merupakan salah satu perang besar yang terjadi antara kaum Muslimin dengan pasukan Romawi, kedua belah pihak mengerahkan segala kekuatan untuk menghadapi musuh, namun pada akhirnya kemenangan dimiliki oleh kaum muslimin karena kaum Romawi dan sekutunya tidak berani melakukan penyerangan secara langsung sehingga mereka terpencar-pencar di batas wilayah mereka setelah mendengarkan pidato Rasulullah kepada pasukan Muslim. (Sirah Nabawiyah :565 – 577).

No comments:

Post a Comment